BBM for Android Tak Kunjung Dirilis, Aplikasi Lain Jadi Idola

Jumlah pengguna BBM ‘resmi’ di Blackberry sekitar 60 juta pengguna. Angka tersebut memang cukup tinggi. Namun bila dibandingkan dengan jumlah pengguna aplikasi pesan instan lain tidaklah cukup tinggi.
Kik Messenger misalnya, aplikasi ini miliki 80 juta pengguna. Jika dibandingkan dengan aplikasi pesan instan populer lain, WhatsApp, bahkan telah menyentuh 300 juta pengguna. LINE, WeChat, dan KakaoTalk juga miliki jumlah pengguna hingga ratusan.
Nama-nama tenar macam WhatsApp, LINE, WeChat, KakaoTalk, dan ChatON bukan hanya sekadar hadir untuk meramaikan jagat aplikasi pesan instan. Mereka juga tawarkan pelabgai fitur-fitur unggulan yang tak kalah gahar dengan BBM.
Terkini, ChatON, aplikasi pesan instan besutan Samsung juga mampu menembus angka 100 juta pengguna. Bahkan aplikasi ini digunakan di 237 negara dengan ketersediaan 63 bahasa. Ini semakin menasbihkan jika meski pesona BBM masih tinggi dan kemungkinan pengguna memilih aplikasi lain juga cukup besar.
Bisa dikatakan, keeksklusifan BBM yang hanya di Blackberry seakan jadi bumerang. Tatkala mereka berjanji merilis BBM lintas platform namun tak kunjung diluncurkan, pengguna juga seakan adem ayem. Jadi, jangan salahkan pengguna jika mereka siap – atau bahkan sudah – pindah ke aplikasi lain.

Artikel Terkait bbm ,blackberry